Image of Uraian Singkat Hukum Adat : sejak RR tahun 1854

Text

Uraian Singkat Hukum Adat : sejak RR tahun 1854



Regerings – Reglement (RR) adalah peraturan tentang kebijaksanaan pemerintah Belanda di Indonesia. Peraturan ini dapat dikatakan sebagai Undang – Undang Dasar untuk Pemerintahan Belanda di Indonesia ketika itu. Dari beberapa RR yang ada, RR 1854 adalah aturan yang selalu dihubungkan dengan pembicaraan tentang hokum Adat. Keberadaan aturan ini menjadi penting untuk mencari dasar hokum berlakunya hokum ada di jaman Hindia Belanda.

Selain RR, Pasal II Aturan Peralihan UUD 1945 juga merupakan aturan penting yang menjadi dasar berlakunya atau menjadi legitimasi hokum Adat. Salah satu hal yang membuat aturan ini cukup penting adalah karena aturan ini menjadi landasan bagi tetap berlakunya pasal 75 (baru) %% / 131 IS, minimal oleh pengadilan hingga ada dasar hokum yang dapat digunakan dalam memutuskan suatu perkara.

Buku ini mencoba untuk mengulas hokum Adat terepresentasi melalui kedua aturan di atas. Penjelasan dimulai dengan bagaimana mendefinisikan pengaturan di dalam aturan – aturan ini, yang kemudian dilanjutkan bagaimana aturan – aturan ini dijelaskan oleh aturan – aturan pelaksananya, terutama dalam pemaparan Pasal 75 RR 1854. Selain itu, buku ini juga menjelaskan bagaimana pemanfaatan aturan ini untuk mengisi kekososngan hokum, termasuk oleh pengadilan yang terepresentasikan melalui pemaparan terhadap putusan – putusan pengadilan yang ada.

Selain memaparkan perkembangan tentang hokum Adat, melalui kedua aturan tersebut di atas buku ini juga memaparkan tentang bagaimana Van Vollenhoven menegakkan tiang hukum Adat. Persekutuan Hukum, Hak Ulayat, dan Daerah Hukum Adat adalah sebagain dari entitas hokum Adat yang dijelaskan dalam buku ini.

Secara substansi buku ini cukup bagus untuk menggambarkan bagaimana perkembangan dari kedua aturan tersebut di atas, namun bukan untuk menggambaran bagaimana perjalanan hokum Adat. Satu hal yang akanmenghambat pembaca adalah sistematika penulisan di dalam buku ini, yang menyebabkan terjadi pengulangan terhadap suatu isu, yang sebenarnya sudah dibahas. Salah satu contohnya adalah pembahasan tentang isu – isu hokum Adat yang diteggakkan oleh Van Vollenhoven, dimana hal ini dipaparkan dalam Bab II dan Bab III.


Ketersediaan

04-01021Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
340.5A / MAH / U
Penerbit ALUMNI : .,
Deskripsi Fisik
x, 168 hal.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this